Tips : Perlengkapan dasar untuk Watercolor & lettering

Monday, October 9, 2017

Siapa disini yang lagi suka atau lagi memulai belajar main cat air (watercoloring) dan belajar tulis-tulis sambung (lettering) ? aku! aku! sudah hampir setahun, aku menyukai "hobi" bermain cat air dan nulis-nulis cantik yang biasa disebut Watercolor & Lettering. Semua dimulai saat aku melihat postingan Instagram mbak @astihusain dan Instagram orang-orang bule diluar sana yang aku temukan melalui explore-nya Instagram. Pertama kali liat, langsung kaya suka banget, dan langsung meyakini diri sendiri "aku mau juga bisa ngelukis dan nulis kayak gitu!" makaa mulailah aku belajar otodidak melalui blog, Instagram, Youtube dan mulai beli alat-alat dasar untuk belajar Watercolor & Lettering.

Awalnya aku menggunakan media buku gambar anak SD, yang harganya Rp3000-an itu (kalau di Alfamidi harganya Rp6000-an) yang cover depannya Little Ponny haha sama pakai spidol snowman yang hitam dan biru terus cat air-nya aku beli merk simbalion yang 8 warna di Gramedia harganya R045.000-an, kuas merk lyra yang harganya gak sampe Rp10.000,- mulai deh bereksperimen dan belajar memegang kuas, belajar nulis kuwil-kuwil terus belajar mencampur warna juga sampai akhirnya...... punya uang lebih untuk beli kuas yang bagusan dikit "menurut aku" merk Koi Sakura (kuas ini enak bangeet) beli cat air yang lebih banyak warna, watercolor paper jadi gak beli buku gambar lagi, pulpen khusus Lettering. Jadi intinya, semua harus pelan-pelan jangan ujug-ujug semua dibeli ya!

Kalian bisa baca post aku disini, waktu aku baru mulai mencoba hobi Watercolor & Lettering menggunakan spidol snowman! hihihi tapi sudah pakai watercolor paper. Klik link ini, link ini & link ini juga, disitu aku menulis menggunakan spidol juga, masih awal-awal belajar. Tapi sudah lumayan jago Watercoloring-nya :p

Oleh sebab itu, karena sekarang udah rada jagoan dan udah berani jualin hasil karya sendiri, aku mau memberikan sedikit tips yang semoga aja berguna buat kalian yang ingin mulai belajar Watercolor & Lettering dengan pengeluaran yang gak banyak, yang murah-murah tapi bisa menghasilkan karya yang ga murahan :)

Kita mulai yaaaa!!!

1. Watercolor Paper

Menurut aku ya, untuk kalian yang mau belajar Watercoloring yang paling penting adalah Watercolor Paper-nya! karenaaaa ini membantu kalian untuk tau kapasitas air yang terserap, mixing warna cat, membuat gradasi atau mencampurkan warna sekaligus diatas kertas. Kalau dikertas gambar akan susah untuk kalian mencampur/menambahkan warna di atas kertas basah karena kertas gambar akan langsung cepat meresap air, terus bakalan nembus gitu airnya, abis itu bolong deh kan kesel ya? 

Jadi, belajar menggunakan Watercolor Paper itu adalah keharusan biar cepet pinter mainin cat air kalian! tenang.... gak perlu beli Watercolor Paper yang mahal-mahal karena ada kok Watercolor Paper yang murah meriah tetapi bagus, yaitu tadaaaaaaaa merk ArteMedia Watercolor Paper favorite aku karena murah + bagus + ukurannya cocok! biasanya aku beli di Paperclip (di Gramedia gak ada) atau beli di Tokopedia.

Ukuran A6 200gsm Harganya Rp10.000-an (di PaperClip) isinya 12 Lembar ya. Cukup untuk latihan  bikin kalender 2018 sis.



Ukuran A5 200gsm Harganya Rp20.000-an (di PaperClip), yang ini isinya 12 Lembar juga.



2. Watercolor cat

Cat air yang bagus dan berkualitas juga menentukan hasil karya kamu, tetapi... kamu harus tau dulu selera warna kamu itu apa karena tiap orang kan beda-beda. Kalau aku sendiri penyuka warna pastel dan cat air yang soft ketika aku campur air... bukan cat air yang warnanya "nyata" gitu. Makannya aku klop banget sama simbalion watercolor cake ini! dari awal punya yang kecil isi 8 warna aku udah jatuh cinta, terus beli deh yang isinya 36 warna! hihi terus simbalion watercolor cake ini juga irit jadi hemat banget buat aku... warnanya banyak juga jadi bisa di mix untuk mendapatkan warna lain yang gak ada. Sekalian melatih kreatifitas untuk menciptakan warna baru!
Harga simbalion watercolor cake isi 36 sekitar Rp90.000-an s/d Rp120.000-an tergantung tokonya! biasanya aku beli di shopcraftic.com atau kamu bisa klik link ini untuk membeli simbalion watercolor cake.

 

Yang kecil isi 8 harganya sekitar Rp45.000-an aku belinya di Gramedia. Walaupun cuma 8 warna, tetapi aku bisa mendapatkan banyaaaaak warna, tinggal dicampur aja!


Next kalau ada rejeki aku mau beli Sakura Koi Watercolor Box 48 colors aaaaa tapi harganya cukup mahal buat aku sekitar Rp425.000 hihihi sama.... mau beli 2 cat air dibawah ini!!!!
Kuretake Gansai Tambi Starry Colors harganya Rp200.000,-
Finetec Pearl Colors set harganya sekitar Rp480.000-, s/d Rp500.000,-

Kalau uang kalian berlebih dibeli ya cat-cat itu karena warnanya super cantik♥

3. Brush Pen

Brush Pen ! Aku seneng bangeeet sama Brush Pen karena bisa bikin tulisan jadi cantik, yaiyalah ya kan kegunaanya untuk Lettering. Aku baru beli Brush Pen sekitar 6 bulan setelah aku mulai belajar menulis Lettering soalnya aku harus baca-baca dulu, Brush Pen yang musti aku beli pertama kali dan gak bikin aku nyesel belinya, karenaaaa Brush Pen sangat berpengaruh loh pada bentuk tulisan kita!\

Awal-awalnya aku beli merk Sakura Koi eugh tapi aku ga suka, karena tebel banget dan aku juga ga bisa menggunakannya jadinya kebuang percuma, untung harganya gak mahal sekitar Rp15.000-an.
Terus brush pen kedua aku merk pentel yang Pentel Sign Fude Touch Brush Pen, harganya cukup mahal sekitar Rp35.000-an dan setelah aku beli Brush Pen ini aku baru sadar, kalau harga Brush Pen emang sekitar segitu hihihi

> Pentel Sign Fude Touch Brush Pen, Brush Pen kedua aku merk pentel yang Pentel Sign Fude Touch Brush Pen, harganya cukup mahal sekitar Rp35.000-an dan setelah aku beli Brush Pen ini aku baru sadar, kalau harga Brush Pen emang sekitar segitu hihihi


Hasil tulisan Lettering menggunakan Pentel Sign Fude Touch Brush Pen
Bisa lihat hasil watercoloring & Lettering aku di Link Google Drive ini ya, klik aja! 

> Artline Stix Brush Pen, aku menggunakan spidol ini untuk Lettering ditempat yang lebar-lebar karena yang dihasilkan font-nya agak besar. Ini favorite para letterer sihhh tapi.. aku sendiri belum terlalu lihai menggunakan Brush Pen ini, lagi belajar... dan hasilnya belum terlalu bagus. Ini murah, makannya aku rekomendasikan ke kalian semua harganya cuma Rp10.000,- loh!


Tulisan "nama" menggunakan Artline Stix Brush Pen
> Tombow Fudenosuke Brush Pen Soft & Hard Tip, ini TERFAVORITE sepanjang masa! pokoknya kalian harus beli ini genk!!!!! udah harganya murah, enak banget dipakenya, tulisan yang jelek jadi bagus, perpaduan brush-nya di Brush Pen ini terbaiq. Gak bisa berkata apa apalagi, akhir-akhir ini semua Lettering aku menggunakan kedua Brush Pen ini, udah males main sama Pentel Sign Fude Touch Brush Pen hahaha. Harganya cuma Rp25.000-an super murah dan berkualitas, warnanya hitam pekat, cepat kering jugak! 

Perbedannya apa? ya intinya yang Soft Tip agak tipis aja Brus Pen-nya Lettering yang dihasilkan gak terlalu besar font-nya jadi bisa buat tulisan yang "mini-mini" kalau yang Hard Tip hasil font Lettering-nya agak tebel sedikit, gitu aja sih. Tergantung tangan kalian aja "neken" Brush Pen-nya sekuat apa... ketebalan dan kecilnya bisa diatur. Kemarin aku beli 2 Tombow Brush Pen ini karena penasaran, dan lagi ada rejeki buat beli dua sekaligus hehe.


> Brus untuk Watercolors cat. Kalau masalah Brush untuk painting aku belum terlalu pro menentukan Brush apa yang terbaik, karena aku sendiri memakai brush yang murah meriah merk Lyra, Reves, De Goya, dan Sakura Koi. Menurut aku Brush itu bukan masalah murah/mahalnya yang utama, tapi bisa atau enggaknya kamu menggunakan Brush tersebut. 

Kaya aku sendiri, biasanya aku menggunakan Brush Reves untuk bikin bunga-bungaan, kalau Brush Koi Sakura spesial untuk membuat dedaunan, kalau Brush De Goya masih belajar untuk make-nya nih soalnya segede gaban, belom lancar make-nya hihihi  

Untuk harga Brush tergantung ya sis, range harganya sekitar Rp10.000 s/d Rp50.000-an, ini yang Brush kelas biasa bukan Brush mahal-mahal...... huhuhuhu but jangan sedih, masih tetap menghasilkan karya kok!

Biasanya untuk bunga-bungaan

Aku pakai brush ini untuk mixing warna, bikin bunga dan lainnya

ini brush Koi Sakura aku, yang terbaik untuk bikin dedaunan.

Rasanya semua sudah aku jelasin ya? tinggal belajar teknik mewarnai dan Letteringnya aja! kalau ada yang kurang jelas, atau "butuh" tips lain kalian bisa comment aja di blog ini, aku siap membantu untuk membuat tips tips Watercolor & Lettering lainnya untuk kalian! dan juga buat yang berminat order karyaku boleh klik link ini, cucok buat birthday gift, graduation gift, wedding gift juga bisa! bisa custom order atau ntar aku bantu pilih model dan tulisannya! hihihi

Xoxo,

Nadia Amanda.

5 comments:

  1. Makasihh berguna bangett soalnya mau belajar watercolor nih wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jasmine! wah semangat ya belajar watercolornya, sukses terus! <3

      Delete
  2. Baru mau belajar watercoloring dan nemu blog kakak. Bener2 bermanfaat ilmunya buat aku yang bener2 gatau apa2 tentang watercoloring. Terimakasih kak informasi dan ilmunya :)

    ReplyDelete
  3. Menurut kk bagusan simbalion watercolor cake atau giotto watercolor cake ya ?

    ReplyDelete
  4. Cool! Thx for sharing the information :))

    ReplyDelete

 photo envye.jpg
envye blogger theme