Ekowisata di Kranggan yang harus kamu explore weekend ini!

Tuesday, October 17, 2017

Sungai Cisadane adalah sungai besar yang melewati dan mengaliri daerah tangerang, dan katanya jaman dahulu kala, Sungai Cisadane sudah terkenal dilalui para pedagang untuk berlayar ke tangerang menggunakan aliran sungai ini.

Walau sekarang Sungai Cisadane sudah tidak hits seperti dulu, ada beberapa pemuda penggagas eko wisata daerah tanggerang yang mulai mengenalkan daerah yang dilewati aliran Sungai Cisadane menjadi daerah eko wisata yang terjangkau dan "baru". 

Sebagai warga tangerang dan sekitarnya, kalian harus loh ya menyempatkan untuk mampir ke eko wisata yang ada disekitar aliran Cisadane, salah satunya eko wisata yang ada didaerah Kranggan. Kranggan ini gak jauh dari ibu kota loh, masih masuk wilayah serpong jadi... deket dong! apalagi kalau kalian penghuni daerah ciputat, bintaro, tanggerang selatan, pamulang dan tentunya BSD sendiri!

Aku sendiri, tau ada eko wisata Sungai Cisadane, karena adikku lagi KKN (Kuliah Kerja Nyata) didaerah Kranggan selama satu bulan, pas mamaku mau nengokin, aku ikutan! karena penasaran pengen lihat kehidupan "KKN" adikku (gak pernah KKN soalnya :p) terus mau jalan-jalan ke Sungai Cisadane, adikku katanya udah apal banget sama Sungai Cisadane yang mengaliri daerah Kranggan.

Aku pergi pas libur 17 Agustusan, jadi daerah KKN adikku ramai sekali banyak lomba-lomba, setelah puas berkeliling didaerah KKN-nya adikku mengajak makan siang di daerah eko wisata yang digagas oleh pemuda sekitar untuk memajukan daerah aliran Sungai Cisade. waw so awsum ya!

Eko wisata yang aku maksud itu, tempat wisata berbasis alam. Nah eko wisata yang aku datangi didaerah Kranggan adalah saung tempat makan namanya "Saung Cisadane Kranggan", terbuat dari bambu (ala-ala sunda, karena daerah tangerang tidak terlalu jauh adatnya dari daerah sunda) ada kolamnya untuk memancing dengan suana asri, dekat jembatan besar yang aku gak tau apa namanya... jalanannya masih sepi, berasa bukan kayak di kota tangerang ya? kaya jauh dipelosok. ehm, maklum pembangunan yang belum merata di Tangerang, Banten dan sekitarnya.

Even restauran berbasis eko wisata ini belum jadi 100% sesuai dengan keinginan pemilik, tetapi tempatnya tetep aku rekomendasikan banget! tempatnya luas, masakannya enak, parkiran lebar, dekat dengan aliran Sungai Cisadane, harga makanannya bersahabat dan rasanya lumayan enak (bikin kenyang, porsi besar!) terus yang terpenting pemilik "Saung Cisadane Kranggan" ramah bangeet! dan dia bersama beberapa pemuda kranggan lainnya, rajin loh mengikuti pameran dan ikut membantu melestarikan dan memajukan eko wisata Sungai Cisadane yang mengalir melalui Kranggan.



Sehabis makan dan kekenyangan, waktunya jalan-jalan santai sembari main air di pinggiran Sungai Cisadane, dan gak nyangka loh airnya masih bening, berarti belum tercemar-tercemar banget! airnya juga cetek, cuma serem aja kalau hujan mungkin akan jadi air bah kali ya.. pas lagi main air jadi kepingin berenang! soalnya banyak orang sekitar yang bermain air di pinggiran sungai dan memancing! Sungai Cisadane terkenal dengan ikan cere-nya, kayak ikan kecil-kecil gitu katanya enak, tapi aku belum pernah coba.




yuk explore daerah sekitarmu sebelum explore daerah lainnya! kenali lingkungan sekitarmu sebelum mengenal lingkungan lain yang jauh dimato hihi mengeksplore daerah aliran Sungai Cisadane di Kranggan untuk weekend nanti boleh juga loh!

Oia jangan lupa untuk membeli oleh-oleh murah meriah khas daerah kranggan yaitu "Kembang Goyang" asli dan enak rasanya, buatan nenek-nenek kranggan dan harganya super murah buat 1 kantong ukuran sedang cuma Rp5000,- aja! kalian harus beli dan coba, sekalian memajukan ekonomi daerah sekitar ya

Xoxo,

Nadia Amanda.

No comments:

Post a Comment

 photo envye.jpg
envye blogger theme