Period

Wednesday, October 21, 2015

Whoaa my 1st day on period this month. Pantesan akhir akhir ini aku jadi "baperan" & sensitiv banget hehe :)) 

Aku bukan tipe wanita yang menghitung kapan sih periode menstruasinya, jadi ya cuma seingetnya aja "biasanya sih tanggal segini" haha padahal pas aku baca baca artikel di google, perempuan itu harus menghitung tanggal period dan siklus bulanannya... oo okey sip mulai dihitung dari bulan ini ya :)
Balik lagi kemasalah sensitiv... sebelum mens, aku jadi galak!! pas kerja dikantor aku jadi kesel gitu rasanya sama semua orang, semuanya terlihat nyebelin, malesin, ngeselin, minta di teriakin hahaha galak ya? tapi alhamdulillah masi di tahan emosinya, yang keluar cuma muka cemberut jeleknya aja 

Terus jerawat muncul dan produksi minyak diwajah jadi 2x lipat huhuu kertas minyak I need you now! pas itu aku belum sadar kalau mau mens eh pas udah sadar baru mikir "ooo pantesan galak gue dapet toh" hehee selain marah marah dan baperan ketika lagi mens aku juga kadang sakit perut, mules, perut kram dan bagian vaginanya sering pegel kalo berdiri lama lama :( 

Kenapa begini kenapa begitu? yuk kita bahas!! semuanya aku baca dari artikel di google ya ;) dengan kata kunci "menstruasi" :
  • Rata rata siklus menstruasi perempuan   yaitu 28 hari atau 21 - 30 hari. rata rata terjadinya menstruasi itu 5 - 7 hari kalau pas baru baru mens aku pernah dapet sampai 8 harian, kalo sekarang sih 5 hari juga udah bersih ;) kalau lebih dari 15 hari itu darah penyakit jadi dihitung ya! biar ga bahaya kedepannya
  • darah yang hilang akibat menstruasi rata rata rata 35 ml perharinya, bisa 10 - 80 ml tergantung orangnya juga. (geli... ternyata banyak ya darah yg hilang) 
  • tanda tanda dan gejala pada saat terjadi menstruasi ternyata banyak juga lohh selain yang aku alami seperti yg aku tulis diatas ternyata menstruasi juga menimbulkan gejala tubuh tidak fit, perut mulas dan mual, demam, sakit kepala, keputihan, radang pada vagina, gatal gatal pada kulit, emosi meningkat,payudara membengkak (waa bisa makin gede ga ya :p ) nyeri juga! :o
  • tetapi gak semua gejala tersebut terjadi ya :) ya saling di mix satu sama lain gitu. cara penanggulan kram dll yg dalam istilah medis dysmenorrhea dapat dilakukan hal hal seperti : banyak minum agar tidak cepat dehidrahi jd ttp semangat, membuat ramuan tradisional seperti campuran jahe dan gula merah, sifat jahe yang menghangatkan dan gula merah yg memberi energi pada tubuh sangat baik untuk wanita yg sedang mens.
Jangan lupa dan yang paling penting, sering sering mengganti pembalut ya!! jangan sampai terlalu lama dipakai nanti ada bakteri jahat! jaga selalu kebersihannya.

Untuk selebihnya kalian bisa cari sendiri berita ttg menstruasi, sebagai wanita kita harus peduli dengan apa yang terjadi pada tubuh kita ;) jadikan mens sebagai ilmu pengetahuan juga ya, agar kita tahu do's & dont's nya! 

Dikarenakan period/mens ini kadang nyebelin but girls we are must be blessed, sampai ada instagram dan meme khusus yang berisi perasaan banyak wanita ketika mengalami menstruasi dan itu emang bener bgtt!!! hahaha

on period #girlsbelike : 






Xoxo, 

Nadia Amanda.

No comments:

Post a Comment

 photo envye.jpg
envye blogger theme