belinyu - bangka belitung

Saturday, October 17, 2015

Halo!Kali ini aku mau bercerita tentang liburanku ke pulau Bangka. Pulau Bangka itu salah satu kampung halamanku.... and I'm truly blessed because I have beautiful hometown like this one. too many beautiful beach and white sands, and flowers! plus +++ ga ada macet! no macet, no polusi! dari kecil sampai sebesar ini, keluargaku ga pernah absen untuk mengunjungi pulau ini, hampir setiap tahun kami sekeluarga pergi ke pulau bangka, ke belitungnya jarang :( but no problems! di pulau bangka juga ga kalah indah sama belitung!!!! terlalu banyak pantai cantik yang masih alami belum tersentuh manusia dan banyak pantai yang sepi serasa milik sendiri tersebar dimana mana, dan tanpa pungli ! sejauh jauhnya pantai dari point awal paling sekitar 2-3 jam saja! coba deh kalo dijakarta, mau ke ancol aja kalau dari ciputat bisa lebih dari itu kalau weekend.

Hari pertama aku sampai di pulau bangka, kami sekeluarga pergi menginap dirumah omku, didaerah perkampungan bernama "desa kacung" namanya unik kan? disepanjang perjalan dari kota pangkal pinang kemana pun kamu pergi kekota lainnya pasti akan melihat banyak sekali desa desa yang dilewati... hutan desa hutan desa hutan desa kota kemudian laut.

Kalau kamu berkesempatan menginap disalah satu desa disepanjang jalan pulau bangka, jangan lupa ya mandi di rasau, rasau itu semacam aliran mata air yang mirip seperti sungai kecil. dikelilingi akar akar pepohonan dan pohon sagu, jadi airnya berwarna kecoklatan yang benik beralas pasir dan dingin! wajib mandi disana, karena aku melakukannya.

Paginya, tanpa perlu terburu buru beberapa saudara ku menyiapkan bekal untuk perjalanan kami bersama sama kepantai, tujuan kami pantai cantik didaerah belinyu yaitu pantai Penyusuk dan Pantai Romodong.

Perjalanan dari desa kacung ke belinyu memakan waktu sekitar 1,5 jam. dibelinyu om aku membeli ikan dan cumi segar untuk dibakar nanti di pantai umm syedaap! cumi manis karena baru ditangkap! siap dimakan, jadi gak sabar. Akhirnya perjalanan yang mengasikkan... dimulai dari kota belinyu menyusuri jalan desa yang mulus (kelebihan pulau bangka, jalan aspalnya mulus!!!!) melewati gunung mares yang terkenal melewati sungai dan jembatan belanda dan sampailah di pantai penyusuk! indah!  subhanallah.. benar benar ga pernah mengecewakan pulau bangkaku ini :) pantai yang sunyi, bersih, dan indah. paket lengkap.

Di pantai penyusuk, terlalu banyak tempat yang harus di jelajahi. siapkan kaki mu untuk mendaki batu batu granit yang besar dan kokoh itu ya! setelah mandi mandi dan makan cumi bakar (oh ya disini pantainya tidak ada ombang, lagi belum musim jadi arusnya pelan enak buat berenang dan berendam di kolam alam) kita pergi lagi menjelajah ke pantai romodong.

Dipantai romodong ini terkenal dengan cerita "batu bela batu betangkup"-nya. ketika aku kecil aku sempat takut sekali mama di telan batu belah :( batu batu granitnya tersusun secara alami seakan akan mempersilahkan para pengunjung masuk kepantai :))

Pantai romodong sangat cocok untuk bermain air karena pantainya sangat landai dan tenang, terus banyak sekali pohon kelapa hijau yang gratis bisa kita petik! tetapi walaupun gratis tidak bisa serta merta kita memetiknya, harus minta izin dulu sama para nelayan.. walaupun nelayan menolak bayaran kita harus tetap bayar ya karena mereka telah merawat pohonnya.

Hati-hati juga kalau berenang di pantai romodong, apabila musimnya banyak cacing laut yang berenang di pesisir apabila tergigit bisa gatal-gatal. pas berenang disana jadi parno, untung belum musimnya.

Setelah lelah berenang terus minum air kelapa hijau beserta memakan dagingnya, kita pulang deh eh ternyata jam baru menunjukkan pukul 4.30 sore! padahal rasanya sudah lama sekali kami bermain di pantai, waktu dibangka memang berjalan lambat menurutku hehee

Selain pantai penyusuk dan romodong masih banyak tempat lain yang aku datangi di pulau bangka, nanti aku tulis ya di post berikutnya. yuk ke pulau bangka belitung! welcome :)