#Whenin : Netesin Karya - Jakarta Creative Hub

Sunday, August 19, 2018

I'm so happy because I get chance to know Jakarta Creative Hub dan berkesempatan mengikuti salah satu workshopnya dan juga menjadi alasan untuk dapat melihat seperti apasih isi dari Jakarta Creative Hub. Beberapa minggu yang lalu, aku mengikuti workshop melukis dengan watercolor bersama @egglustration yang judulnya #netasinkarya untuk mengikuti workshop ini hanya mendaftar melalu form yang disediakan oleh Jakarta Creative Hub, jadi selalu update ya dengan Instagram Jakarta Creative Hub.


Workshop yang aku ikuti kali ini berbayar, tetapi bayarannya "suka-suka" jadi bebas mau bayar berapa sesuai dengan kondisi keuangan. Seru kan? jadi jangan ragu untuk ikutan workshop melukis dari @egglustration ya!

Terus pengajar kita salah satu pelukis watercolor yang aku suka! karena gemas banget lukisan-lukisannya bisa di cek di Instagram @Egglustration atau Instagram Ka Alif sendiri @quitanp, eh btw ka alif juga anak commuterline tapi beda stasiun kalo aku St. Jurang mangu, ka alif St. Sudimara, ternyata tetangga :p

Workshop di buka dengan mengenalkan diri masing-masing, jadi lebih akrab kan ya, terus ka alif menjelaskan basic watercolor di mulai dengan brush, aku rinciin satu persatu ya.



Brush

Brush yang digunakan untuk pemula/basic lebih nyaman dengan menggunakan brush yang Round. Jadi kali ini kita rame-rame belajar melukis dengan Round Brush, ka alif juga menjelaskan beberapa jenis brush lainnya.

"Kuas yang cukup serbaguna. Bisa digunakan untuk menorehkan garis dengan berbagai ketebalan. Untuk menggambar dengan cat air, minimal harus memiliki kuas jenis ini dengan kualitas yang baik, agar proses menggambarmu bebas dari gangguang buku kuas yang rontok"

Kuas murah dan bagus untuk pemula rekomendasi ku dan ka alif adalah Reeves atau Lyra.

Watercolor Paper

Beruntungnya mengikuti workshop ini aku jadi harus mau ga mau suka ga suka peduli dengan jenis kertas watercolor yang ternyata berbeda-beda manfaatnya! selama ini aku menggunakan kertas watercolor yang cold press 200gsm (karena murah) padahal hasil lukisan akan cantik sekali jika menggunakan cold press 300gsm hahaha maafkan kantong ya >.<

Ada beberapa jenis watercolor paper yaitu :

- Hot Press : Tak bertekstur & cepat kering.
- Cold Press : Paling umum digunakan & bertekstur.
- Rouga : Sangat bertekstur, daya serap sangat tinggi dan tidak disarankan untuk detail kecl.


Teknik Melukis Watercolor


Wet on Wet : Saat menorehkan warna dari kuas yang basah  ke kertas yang juga basah, akan menimbulkan efek seperti membaur.

Wet on Dry : Sifat transparan cat air akan menimbulkan efek kilap karena warna saling menimpa saat kuas yang basah di torehkan diatas kertas yang kering.

Dry Brush : Apabila cat ditorehkan dari kuas yang kering, hasilnya akan menimbulkan garis, yang berongga seperti cahaya yang memantul di air laut.

Tema melukis hari ini adalah melukis buah-buahan.... ternyata cara melukis itu di mulai dengan sketsa menggunakan pensil kemudian baru di warnain, gak kaya aku selama ini asal bikin aja hahaha tapi gak apa kok, setiap orang kan memiliki kapasitas masing-masing dan cara sendiri, gak harus sama, tapi aku jadi tau cara basic-nya.


Aku melukis watermelon, karena lucu dan gampang :)



Seneng banget pokoknya bisa kenalan temen-temen baru dan dapet ilmu plus bisa kepo sama isi Jakarta Creative Hub daaan yang paling penting aku daftar ke anggotaan member di Jakarta Creative Hub yippie!




Terus ka alif yang baik hati malah muji karyaku yang ga seberapa ini, yaampun kenapa sih ada orang pinter nan baik kaya gini, jadi meleleh akutu.



Seru banget pokoknya, nanti aku ceritain lagi ya, kalo main-main ke Jakarta Creative Hub!


Xoxo,

Nadia Amanda.

No comments:

Post a Comment

 photo envye.jpg
envye blogger theme