#ExsploreMuseum : Museum Macan - Yayoi Kusama : Life is the heart of a rainbow

Thursday, August 9, 2018

Museum Macan, lagi!
Selalu excited tiap ada yang ngajak "Ke Museum Macan, yuk?" aku pasti langsung jawab "hayuk!" eh tapi ujung-ujungnya banyak yang gak jadi ke Museum Macan karena tiketnya emang rada mahal apalagi kalau niatnya cuma buat foto-foto untuk Instagram haha untungnya ketemu geng aktuaria yang mau sama-sama ke Museum Macan. Jadilah kita memutuskan pergi ke Museum Macan 3 hari sebelun Idul Fitri, kali aja sepi kan ya, udah mau lebaran.

Taunya.... PENUH masih PENUH. Mau masuk aja harus antri sekitar 45 menit-an. Mana lagi puasa ya kan, jadi lelah banget huhuhu yang mau ke Museum Macan sekarang udah agak lengang kayaknya, sebentar lagi pameran Yayoi Kusama : Life is the heart of a rainbow akan berakhir di tanggal 09 September 2018 loh, yang belum sempet kesana yuk, disempetin mampir karena isi pamerannya sangat mengangumkan tentunya, bikin aku yang ga melek Art selalu ternganga-nganga "kok bisa ya yayoi kusama bikin kayak gini?".

Dots Obsession

Pameran Dots Obsession ini dipajang di depan, jadi buat kalian yang baru masuk ke Museum Macan akan langsung disuguhkan dengan banyaknya Dots warna hitam-kuning yang nyenengin banget even cuma ngeliat dan tentuanya ya lucuk banget buat di foto!






Di sekitar pameran Dots Obsession ini terdapat bola dots yang besar yang bisa dimasukin (?) didalamnya kita bisa masuk maximal 5 pengunjung diberi waktu sekitar 45 detik IYAAA antrian di Museum Macan kebanyakan hanya beberapa detik, jadi harus sigap! Lanjut ya, didalamnya ada kaca-kaca gitu khas Yayoi Kusama ya isinya dots warna kuning-hitam yang gemas banget!



Narcissus Garden

Kalau ini tempat pameran kedua setelah puas lihat-lihat dots ya, isinya bola-bola perak I think, jadi tiap kita liat bola-bola ini muka kita jadi dimana-mana di bola-bolanya itu. Gemas gak sih? bisa ya kepikiran bikin instalasi seni menarik kaya gini? super! suka banget sama karya seni ini, sayang agak redup jadi pas foto-foto gelap gitu soalnya kan harus pake HP ga boleh bawa kamera.

Oia ini tuh katanya terinspirasi dari metologi yunani dimana narcissus (dewa pada masanya) sangat mengagumi pantulan dirinya sehingga membuat dirinya tenggelam disungai/danau tempat dia memandangi pantulan dirinya itu. Narsis berbahaya gengs, ingat itu ya.



Love Forever

Disini ada banyak lukisan monokrom Yayoi Kusama yang dipajang, ruangannya agak redup sehingga tampilan lukisannya menjadi sangat hidup! oia disini juga ada instalasi kaca yang isinya permainan cahaya warna-warni terang gitu didalemnya ada bola-bola gitu. Aku punya fotonya tapi pas aku ganti HP fotonya hilang huhu kalau ketemu, nanti ku Update pastinya!


My Eternal Soul

Ini adalah karya terbarunya Yayoi Kusama! katanya ada 500 lukisan loh, wah hebat banget ya, sangat berseni bisa menghasilkan begitu banyak lukisan/karya seni kan gak gampang bikin-bikin kaya gini. Sekali lagi,terkagum-kagum dengan jiwa seninya Yayoi Kusama.



Experiments In Japan

Nah kalau ini ruangan yang isinya Dots semua yang pasti sering berseliweran di Explore Instagram, karena lucuk banget ya Instagramable juga dan tentunya waktu main di karya seni ini lebih lama dari yang lain, kemarin aku diberi waktu 3 menit untuk berada didalam sini hahaha gak puas sebenernya!

Harus buka sepatu disini ya, terus ada kaca yang bisa buat foto juga haha didalamnya bisa ngintip ada pumpkin banyak bangeeet! nanti kalo fotoku ketemu aku update kok disini!



Infinity Mirrored Room

Nah kalo ini aku pernah kesini pas pertama kalinya ke Museum Macan, bisa baca di Blog aku yang ini nih See Inside Museum Macan GILA YAA PAS ANTRI DISINI hampir satu jam! 1 JAM! parah sih capek banget pokoknya pas antri disini, sebenernya ga mau ikut antri, tapi temenku yang lain belum pernah masuk ke dalem Infinity Mirrored Room ini. 

Tetap amaze sih pas masuk kedalam sini, kaya lagi didalam galaksi lain, kaya ga di bumi.


Obliteration Room

Obliteration Room ini sebelumnya adalah ruangan yang dicat putih sepenuhnya mulai dari dinding sampai perabotan. Nantinya pengunjung akan diberikan sticker polkadot warna-warni dan bebas menempelkan di mana saja (kecuali di langit-langit dan lantai). Tapi kenyataannya ada aja yang menempelkan di langit-langit dan lantai haha 

Disini kita diberi waktu 3 menit, yang boleh masuk 25 orang sekaligus jadi antriannya ga terlalu lama. Cuma waktunya kok dikit banget ya? belum puas juga nih liat-liatnya!





Selain instalasi seni yang aku sebut diatas, ada juga beberapa lukisan dan benda-benda hasil karya Yayoi Kusama lainnya yang juga menarik perhatian, atau bikin kalian berpikir haha





Setelah selesai tour Museum Macan eh kita menemukan tempat yang aesthetic gitu jadi foto-foto deh disini, sekitar jam 4 sore-an kita selesai tour, lelah banget cuy lagi puasa soalnya! tapi seru! rasanya mau datang lagi kesini sebelum tutup.





Aku nge-copy kalimat dari https://chikastuff.wordpress.com/2018/07/16/ke-museum-macan-melihat-karya-yayoi-kusama/ ya :

Di arena makanan, terdapat Great Gigantic Pumpkin (kayaknya ini yang dari Gandaria City dibawa ke sini) namun sepi foto sih, mungkin karena berada di luar pameran (?). Untuk area makanan, ada cafe 1/15 yang menjual aneka kopi dan pastry. Yang mau ngemil-ngemil lucu bisa coba makan di sini ya. Berhubung pas saya ke sana lagi puasa, saya gak sempet mencicipi makanan di sana. Tapi saya yakin rasanya sama aja sih dengan cabang-cabang 1/15 lainnya.
 
Setelah mengunjungi pameran Yayoi Kusama di Museum MACAN ini, ada beberapa kesimpulan yang bisa saya bagikan di blog ini, yaitu:
  • Bawa tas kecil aja saat ke pameran Yayoi Kusama ini. Kecuali kalau mau nitip barang ya gapapa bawa tas gede.
  • Bawa handphone dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Kalau ga ada, ajak teman yang punya iPhone 8 Plus atau iPhone X. Samsung Galaxy 9 juga boleh wkwkwk. Pokoknya yang bisa terang di suasana yang gelap. Yang autofokusnya cepat dan bisa burst mode kalau perlu.
  • Bawa teman. Kalau sendirian, nanti bakal susah untuk foto-foto. Bisa sih minta petugasnya motretin, tapi entahlah hasilnya akan seperti apa.
  • Datang tepat waktu bagi yang memiliki tiket supaya gak kena antrian panjang. Bagi yang punya kartu member, selamat! Kamu bisa melenggang dengan jumawa di line khusus member seperti saya kemarin.
  • Pakai baju putih. Ini saran aja sih, supaya pas foto-foto, backgroundnya lebih keluar ketimbang kamu-nya. Tapi kalau mau pakai warna nabrak gapapa sih, tapi jangan kuning ya karena instalasi di sini kebanyakan warna kuning. Mungkin warna pink, orange, hijau, atau biru masih gapapa.
  • Jaga sikap. Jangan berisik, jangan norak, jangan pegang-pegang barang yang gak boleh dipegang, jangan kelamaan foto-foto tanpa memperhatikan sekitar, dan jangan makan di area pameran.
  • Bawa uang. Karena barang-barang yang dijual di sini cukup lucu-lucu.
Pameran Yayoi Kusama, Life is the Heart of a Rainbow berlangsung dari tanggal 12 Mei sampai dengan 9 September 2018. Bagi kalian yang suka dengan karya-karya Yayoi Kusama, jangan sampai ketinggalan ya!
***
Museum MACAN
Website | Instagram
Opening Hours: 10am – 8pm (Hari Senin tutup)
AKR Tower Level MM
Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11530

Xoxo,

Nadia Amanda

1 comment:

  1. Pengen kesini tapi liat antrian cuma untuk foto asa kumaha wqwq bulan kemarin k galeri seni gratis d itb krik krik krik emang hrs instagramable ya, lukisan maestro kalah pamor ama wisata selfie sih, tfs ya

    ReplyDelete

 photo envye.jpg
envye blogger theme