#ExploreMuseum Art:1 New Museum & Art Space

Saturday, December 30, 2017


Ketika Museum lagi hype banget dikalangan anak Instagram ibu kota, aku sebagai penggemar (?) dan juga seneng ikut-ikutan hits ala-ala jadi penasaran untuk datang ke Modern Museum, seperti beberapa waktu yang lalu aku sempat datang untuk melihat koleksi di Museum Macan, karena ketagihan setelah mengeskplore Museum Macan, jadi ingin lagi lagi lagi dan lagi mengeksplor Museum Kontemporer lainnya. 

Berbekal dengan Google tentunya, aku menemukan beberapa Museum Kontemporer yang katanya MUSTI didatangi bagi kalian pecinta seni (apapun seni-nya bebas), salah satunya Museum yang ingin aku ceritakan ini, yaitu Art:1 New Museum & Art Space yang awalnya Museum ini adalah Galery Seni yang bernama Mondecor.
 
Kesan pertama mengenai Museum Art:1 New Museum & Art Space ini kok letaknya gak strategis amat ya? soalnya terletak didaerah Kemayoran, yang lumayan jauh sih dari daerah selatan hehe tapi enaknya kalau mau ke Art:1 New Museum & Art Space ini naik kereta, karena lokasinya gak jauh dari St. Kemayoran dan St. Rajawali (Naik kendaraan pribadi capek, kalo nyasar ribet).

Tiba dilokasi, Museum ini terlihat seperti ya Galeri Seni? aku sendiri bingung menjabarkan perbedaan Museum Seni dan Galery Seni? jadi kalau Museum Macan dimataku memang Museum Seni, tetapi Art:1 New Museum & Art Space ini jatuhnya seperti Galeri Seni? haha maaf ya kalau deskripsinya ngaco, jangan bully aku netizen!

Yang menarik, selain lukisan-lukisan yang selalu bikin aku berdecak kagum (itu gimana sih bikinnya kenapa rapih sekali???? jadi ingin!) ada juga Light Room gitu? yang ternyata pas aku baca-baca di web Art:1 New Museum & Art Space ini tuh temporary collection, jadi pas banget aku datang lagi ada pameran ini dan ada juga karya Katrhin Sonntag yang berjudul I See You Seeing Me See You (deep banget ya kalimatnya...).

I loveee this Light Room! pas aku dateng lagi sepi, jadi bisa bebas merhatiin Light Room ini dan foto-foto tentunya fufufufu di Light Room ini terdapat 3 lampu? apa ya sebutannya.... pokoknya ada 3 pajangan gitu (lah jadi pajangan?) ada Lampu yang bulat-bulat, terus Lampu tulisan " I love you" dan Lampu tulisan "GOD 4GIVES YOU, BUT I DO NOT".

 I Love you!

But, I Do!
  


 

 

Ini adalah karya dari Katrhin Sonntag yang berjudul I See You Seeing Me See You yang ternyata hanya dipamerkan sampai tanggal 31 Desember 2017, Woaa lucky me can see this! Pas baca tulisan "I See You Seeing Me See You" kayak gimana ya.. kayak deep banget kaya ke gep? gitu deh susah ternyata ya dituliskan perasaan ini haha tapi pasti banyak deh yang pernah kayak gini? lagi ngeliatin orang eh kita malah diliatin balik sama orang yang lagi kita liatin? :o

Read More : #Explore Museum : See inside Museum Macan



Oh ya, Light Room terletak di Lantai 2 ya guys. Jadi diMuseum Art:1 New Museum & Art Space ini terdapat 3 lantai, di Lantai pertama itu Lobby tempat kita beli tiket, oh ya harga tiketnya priceyyyy sekali loh Rp100.000,- untuk Dewasa :) selebihnya koleksi terdapat di Lantai 2 & 3, untuk Light Room sendiri ada di Lantai 2 didekat tangga, di Museum ini terdapat Lift dan tangga, jadi buat orang tua/anak kecil bisa menggunakan Lift, ramah nih gedungnya untuk lansia, penyandang disabilitas dan orang tua yang membawa balita.

Koleksi lukisan disini, ga di tema-in seperti yang di Museum Macan, untuk aku pribadi sih gak masalah sama tema acak museum ini, mau lukisan itu abstrak atau mengantuk unsur cerita aku tetap kagum! hebat sekali para pelukis itu bisa membuat lukisan semenarik ini sehingga layak dipajang dan dilihat ribuan mata.

Aku datang ke Museum Kontemporer ini bukan untuk berdebat atau sok-sok mengartikan, apasih arti dari lukisan ini? apa yang dipikirkan oleh pelukis sehingga dia menciptakan gambar itu? pesan apa yang ingin disampaikan oleh pelukis dengan menggambar lukisan ini? No. No. No. Big No. 

Aku mencoba untuk gak peduli dengan arti dibalik semua itu, aku datang hanya untuk mengagumi, melihat warna, bentuk, keabstrak-annya tetapi sedap dipandang mata, dan selalu penasaran, tangan mereka selihai apa sehingga dapat membuat, menggambungkan, cat-cat ini sehingga menjadi karya seni yang sangat bagus!

Biarlah pelukis itu sendiri yang tau pesan apa yang ingin disampaikannya, apabila dia menyampaikannya ke khalayak ya kita terima karena itu lukisannya, apabila tidak jangan mencoba berasumsi "kira-kira dia melukis ini karna...." ya gak papa sih kalau mau berasumsi sok tau gitu, tapi harus bisa dulu ya melukis sebagus dan serapi karya lukis yang mau kamu sok tauin itu :)










Lukisan Favorite aku di Art:1 New Museum & Art Space !


Ini lukisannya terbaik sih, kayak hologram kan? cuma dibikinnya dengan cat minyak, kotak kecil-kecil gitu, bagus banget.



Selain mengagumi lukisan dan karya seni, bisa juga foto-foto sama kelinci-kelinci kecil ini, tebak kita lagi ngegosip apa?




Setelah lelah muter-muter Museum, kita dapet free drink Alhamdulillah ya... di Lantai 1 terdapat beberapa bangku untuk duduk dan mengobrol lumayan pe-we sih disini juga menjual cemilan gitu kaya kentang goreng gitu kalo ga salah? soalnya kalau mau beli makan juga agak jauh dari lokasi Museum, tempatnya rada terpencil bukan didepan jalan besar.

So far, Museum ini bisa jadi salah satu rencana weekend kalian kalo bosen main di Mall, banyak lukisan cantik yang bisa di jadikan inspirasi dan bisa update-update juga! haha gak jauh-jauh. nih dikasih bonus, foto dibawah ini. Lagi nyari yang mau ngomong kaya gini nihhh anak ini.



Art:1 New Museum
 
Jl. Rajawali Selatan Raya No 3
Jakarta 10720 Indonesia
P: +6221-647-00168, +6221-647-00158
E: info@mondecor.com  

Admission Fees

Foreigner 150,000 IDR
General 100,000 IDR
Student 75,000 IDR (show ID Card)
Children Under 12 Free

 Operation Hours

Monday Closed
Tuesday 10am - 6pm
Wednesday 10am - 6pm
Thursday 10am - 6pm
Friday 10am - 6pm
Saturday 10am - 6pm
Sunday 10am - 4pm
National Holiday Closed

Xoxo,

Nadia Amanda.

No comments:

Post a Comment

 photo envye.jpg
envye blogger theme