Family Trip : JOGJA!

Wednesday, June 14, 2017

Hai!
Akhirnya, mood untuk menulis muncul lagi! senangnya! padahal lagi bulan puasa tapi semangat sekali ini untuk menulis beberapa post yang tertunda. Kali ini, aku mau menceritakan liburan ke jogjakarta bersama keluargaku. Alhamdulillah, akhirnya tercapai juga cita-cita untuk mengajak keluargaku pergi berlibur dengan uang hasil kerja keras sendiri! walaupun gak seberapa, dan bukan liburan mewah, aku tetep seneng (karena mereka senang sekali) proud to be me, my self and I

Perjalanan ke jogja kita tempuh dengan menggunakan kereta api, perjalanan dengan kereta api memakan waktu sekitar 8 jam. aku sengaja milih jam malam, biar sepanjang perjalanan tidur jadi gak berasa lama dijalan eh tapi jadi penasaran pengen juga naik kereta siang hari, agar bisa melihat-lihat pemandangan yang cantik-cantik. soalnya perjalanan 8 jam itu ternyata gak terlalu lama loh! tapi kalau sendirian, mungkin terasa lama :(

Untuk tiket kereta api dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Tugu Yogyakarta, tiket yang dijual untuk kelas bisnis seharga Rp210.000-Rp300.000 tergantung tanggal kepergian saja, kadang murah kadang mahal. kalau aku selalu mengecek harga di App PT Kereta Api Indonesia, mudah banget ada Aplikasi itu jadi tinggal pesan, pilih bangku, bayar dan thadaaa tiket sudah ditangan! bisa juga cek di website PT Kereta Api Indonesia ya!

Aku menaiki kereta Senja Utama Yogyakarta dari Stasiun Pasa Senen yang berangkat pukul 7 malam, ternyata kelas bisnis enak juga, lumayan lah seenggaknya tidak bau, bersih, AC-nya dingin, walaupun kalau tidur bakalan pegel bangeet kaki soalnya gak ada pijakan kakinya gitu (bangun-bangun dengkulku sakit, maklum jarang menaiki kereta untuk perjalanan jauh).
Sampai di kota Jogja sekitar pukul 4 pagi, segaaar sekali rasanya setelah tidur pulas dikereta.
sambil menunggu jam 6 pagi (karena aku memesan mobil+driver) kita duduk-duduk dulu di stasiun tugu, solat subuh, ganti baju dan cuci muka biar fresh karena mau jalan-jalan ke Candi Borobudur!

Tips : kalau ke jogja lebih baik sewa driver agar traveling kamu ga ruwet. perlu diperhatikan, uber/grab/GO-Car agak susah. mencari sewa mobil banyak sekali di internet/instagram, asal jangan sampai tertipu saja ya! lebih baik pilih yang harganya sudah plus bensin yang all in gitu, jadi tidak repot!

Pagi dijogja hujan gerimis kecil-kecil, jadi dingin banget! ohya ga lupa kita sarapan nasi kucing plus beli teh anget (yawlaa aku cinta banget sama teh dijogja!) tepat didepan pintu keluar stasiun tugi, sambil nunggu pak driver menjemput.

Sekitar jam 8 pagi, kita sudah sampai di Candi Borobudur cuacanya agak mendung, tapi gak papa malah jadi segar dan masih sepi :p kita membeli tiket masuk terusan jadi cukup bayar Rp50.000,00 kita bisa masuk ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan, di diskon Rp10.000,00/orang kan lumayan soalnya kita pergi berempat (adik cowokku gak ikut, lagi persiapan untuk ujian masuk PTN huhu)

Ternyata pas kita sudah mulai tracking ke Candi Borobudur, sudah penuh aja sama turis-turis asing yang mungkin tadi habis melihat sunrise walaupun tidak ada sunrise di pagi ini, hanya ada kabut. jadinya malah cantik, dan bikin Candi Borobudur terlihat semakin mistis.

Langsung deh kita berkeliling, dan gak lupa foto-foto. mumpung masih sepi!

Karena cuacanya mendung, jadi kebanyakan foto-foto terlihat gelap :( Kemudian setelah kita selesai berkeliling gerimis turun lagi, jadi agak basah-basahan gitu. tapi tetep seruuuu! gak akan pernah bosen mengunjungi candi-candi soalnya terlalu cantik untuk menjadi nyata dijaman dulu, ketika teknologi gak ada, manusia udah bisa membuat bangunan cantik, yang kecantikannya gak pudar, selalu bagus, longlast! uh cinta deh!

Setelah capek muter-muter di Candi Borobudur, kita tadinya mau ikut Lava Tour. Tour yang naik jeep melihat sisa meletusnya gunung merapi, tapi yaa karena hujan turun terus, jadi rada takut juga kesana, dan pastinya ga bisa melihat apa-apa karena kabut.

Jadi kita memutuskan untuk langsung ke Candi Prambanan, di perjalanan menuju Candi Prambanan kita berhenti dulu untuk makan siang, laper euy! untung driver kita tau, dimana rumah makan enak yang jogja banget terus murah hahaha murah dan enak ini sangat penting ya guys! tapi di jogja semuanya emang muraaaah!

Nama makananya ini sambel ijo lombok, aku lupa banget sama nama rumah makanya, letaknya dijalan antara Candi Borobudur dan Candi Prambanan didekat daerah yang banyak menanam pohon salak itu! seriusan ini enak sekali loh!
Mereka juga jual teh poci pakai gula batu terenak yang pernah aku minum! tehnya super enak dipadu sama gula batu, jadi super seger. tenaga jadi ada lagi! siap menjelajah.
makanannya juga enak, ayam kampung goreng, sambel cabe bawang putih, nasi merah, daun singkong dan daun pepaya, sama sayur tempe cabe ijo (pas nulis ini aku sambil ngiler betulan, kepengen lagi!) mana murah bangeet! kita cuma bayar Rp150.000,00-an deh untuk makan berlima. untuk makanan semewah ini, senikmat ini, itunganya murah banget.

Sekitar jam 12 siang kita sudah sampai di Candi Prambanan yang lagi panas-panasnya. Abi dan driver solat jumat, jadi kita masuk duluan ke Candi Prambanan yang super cantik dan yang paling aku suka, suka karena suka sama cerita asal mula Candi Prambanan ini because this temple was built in the name of love. super cute. super romantic.

Atas nama cinta, orang yang jatuh cinta sampai rela membangun candi-candi ini... yha walaupun gagal, perjuangan untuk mendapatkan cinta-nya gak pernah hilang, malah semakin abadi hahaha loh kok jadi puitis.

Sayang gak kebangun 1000 candi, kalau ada 1000 beneran, makin banyak spot foto yang instagramable disini hihihihi

Suasana di Candi Prambanan pun sepi gak begitu rame (teteup banyak bule caem), jadi kita bisa bebas foto-foto dan melihat-lihat ukiran batu-batu cantik, dan menerka nerka apa maksut dari artefak-artefak itu.
eh aku nemu loh candi yang menceritakan tentang sunggokong (tulisanya ngarang ini) hahaha jadi emang ya dari jaman dulu monyet dan manusia udah berteman.

Setelah berpanas-panasan ria di Candi Prambanan, aku pengeeeen banget mengunjungi Candi Ratu Boko yang lagi hits itu, tapi mama dan abi aku gak mau katanya mereka capek. okeeh next time musti banget ke Candi Ratu Boko untuk melihat sunset disana!.

Sebelum pulang untuk check in di Hotel, kita diajak jalan-jalan beli oleh-oleh. diajak ke Bakphia patok, ke toko cokelat, ke toko kaos, baru beberapa jam di jogja tas oleh-oleh udah penuh! mana mama beli uleg-an yang dari batu. beraaat!

Aku menginap di Maliboro Garden Hotel, di Jl. Sosrokusuman DN I/163, Malioboro. gak jauh dari Malioboro, tinggal jalan kaki aja (gang masuknya disamping Hotel Mutiara). bukan Hotel besar, malah di gang kecil, tapi hotelnya enak dan murah tentunya, aku booking 2 kamar untuk 2 malam seharga Rp1.120.000,00 muraaa kan enak ada air panas, kamarnya besar, rapih dan bersih! pelayananya juga enak, semuanya ramah, sarapanya enak. recomend deh, buat kalian yang mau liburan low budget tapi nyaman.

Karena sangat percuma kalau kalian nginep di Hotel bintang, tetapi diperlakukan semena-mena, maksutnya tanpa senyum dari staf hotelnya, di cuekkin gitu deh kayak pengalaman aku menginap di Menumbing Hotel (masih keseeeel banget sama pelayanannya! hehe)

Gak sempet memfoto hotelnya, tapi aku menulis review bagus kok di Agoda haha aku pesanya melalui Aplikasi Agoda ya! yaah karena Hotelnya jadi tempat istirahat aja sih... jadi ke hotel cuma buat bobo sama mandi.

Malam pertama di jogja, ngantuk banget tapi gak mau melewati kesempatan main malam-malam dijogja jadinya dikuat-kuatin.
aku sama adikku naik becak ke alun-alun kidul. pengen liat odong-odong yang lagi hits di jogja tapiii karena kita cuma berdua kan ga mungkin banget ya naik odong-odong pasti berat!
jadi aku bilang sama tukang becak, minta anter ke alun laun kidul terus nunggu sebentar, soalnya kita cuma mau foto! :p
pas di alun-alun kidul, kan banyak banget ya odng-odong lucuk, terus minta izin sama yang punya kalau kita mau foto-foto aja eh dikasih, malah dibolehin masuk sama duduk-duduk baik banget kan!!!

Naik becaknya dari tempat kopi jos, deket rel kereta ke alun-alun kidul terus dianter sampe ke hotel bayarnya cuma Rp40.000,00 aja! murah! fotonya gratis pulak!
Jogja baek-baek!

Sehabis jalan-jalan liat odong-odong pulang deh ke hotel, eh sebelumnya jajan dulu di indomart buat beli cemilan.
Cerita selanjutnya aku tulis di Part II-nya ya!

Xoxo,

Nadia Amanda.

1 comment:

1. Hi mbak, saya akan ada rencana family trip ke jogja dalam waktu dekat. Tapi lagi kebingungan untuk pilih driver yang trusted. Bisa share CP driver yang mbak pakai? salam dari Daisy