Family Trip : JOGJA Day 3

Monday, June 19, 2017

Hari ke tiga di jogja!
Yah sudah mau pulang aja, gak berasa banget ya :(

Hari ini rencananya kita mau pergi ke Taman Sari Water Castle yang cantik banget itu, tempatnya cantik, warna peach kalem-kalem gitu.

Setelah sarapan dihotel sekitar jam 7 pagi kita pergi ke malioboro buat keliling-liling aja sambil nyari delman, dikarenakan hari ini hari minggu, semuanya jadi serba mahal. Pas lagi nyari-nyari delman, yang biasanya Rp40.000,- s/d Rp50.000,-an kalau minta dianter ke Taman Sari Water Castle ini malah minta Rp80.000,- s/d Rp100.000,-  hahaha mama aku sampe bilang "kok mahal? biasanya gak segini loh?" dijawab sama abang delmannya "namanya juga hari minggu buk, tanggal merah, jadi mahal" ok sip kalau gitu kita ngebecak aja!

Kalau naik becak ke Taman Sari Water Castle cukup membayar Rp20.000,- saja, tetapi karena aku berempat kita jadi pakai dua becak, tetep lebih murah naik becak hihi sekitar jam 8 pagi kita sudah sampai di Taman Sari Water Castle tetapi masih belum buka loketnya, jadi nungguin dulu deh, eh pas banget pas kita lagi bingung "mau kemana dulu ya?" ada guide lokal yang ngajak tour keliling perkampungan, kita sekeluarga mau bangeet! karena emang seneng denger sejarah dari orang yang lebih tau.

Kita diajak berkeliling, mulai dari kenapa banyak pintu-pintu yang pendek (agar kita selalu menunduk gitu), diceritain juga kalau rumah-rumah yang ada disekitar Taman Sari Water Castle itu bayar sewa ke keratonnya cuma Rp10.000,- aja tetapi ada syaratnya sih menjadi abdi dalam keraton dulu.

Diceritain sejarahnya Taman Sari Water Castle, digunakan untuk apa dll seru banget pokoknya! lengkap jelas deh diajak muter-muternya. Plus di fotoin juga :D 




tangga yang instagramable itu

Setelah berkeliling, baru deh kita masuk ke Taman Sari Water Castle yang lagi hits banget itu, ya gimana gak hitsnya tempatnya cantik bangeet, emang ya kalau putri kerajaan, buat mandi aja tempatnya secantik itu

And you know whaat tangga yang ada di Taman Sari Water Castle yang kalau mau masuk harus melalui terowongan bawah tanah itu adalah masjid loh. Subhanallah sekali yaa...jaman dulu tuh arsitekturnya terlalu keren buat menjadi nyata hahahaha

Pas selesai tour mulai deh ramai sekali orang yang datang, jadi kalau mau foto harus antri dulu. apalagi antri di tangga hits ituuu hahahaha ada kali 10 menitan ngantrinya :p
Untuk cerita tentang sejarah Taman Sari Water Castle kalian bisa googling ya, sebelum pergi harus baca dulu, karena ceritanya seru banget, tentang selir-selir sultan yg akur, tentang pahatan gambar monster atau apalah itu yang menjadi tanda bagi sultan untuk tau ada musuh atau tidak disekitarnya.
seru kan?
Gak rugi deh, kalau mengunjungi Taman Sari Water Castle super rekomendasi dari aku ya, dan harus coba juga guide lokalnya yang dibayar seiklhasnya kalau gak pake guide ga bakalan tau ceritanya, jadi cuma foto-foto aja terus udah kan ga asik banget.



Sehabis dari Taman Sari Water Castle kita pulang naik becak, ke Pasar Beringharjo! yeaaay shopping time... batik murah everywhereee!
langsung semangat 45 pas masuk sini, batik batik untuk jadi daster bobo cuma Rp35.000,-an yawlaa murah bangeet terus cakep langsung kalap.

Selain batik, di Pasar Beringharjo aku juga beli gula batu (sumpah enak banget teh pake gula batu) gula batu asli jogja jadi ga takut batuk malah sehat soalnya kata pedagangnya gula batu lebih baik dari pada gula pasir aku sih iya iya aja soalnya enak.

Terus gak lupa, beli teh melati jawa yang banyak dijual di Pasar Beringharjo enak bangeet teh-nya saking sukanya kita beli 1 lusin haha stok banget kan!

Setelah berkeliling, makan pecel dulu didepan Pasar Beringharjo, pecelnya enak banget ya allah (nulis sambil ngiler) sate ati ampela-nya juga huhu

cuma 5000 dan enak banget
fav all the time

Terus, karena mendekati waktu checkout hotel abi aku pulang duluan ke hotel (yang ga jauh dari Pasar Beringharjo tinggal jalan kaki aja) untuk beberes oleh-oleh hahaha aku sama mama dan adik aku masih kuat untuk melanjutkan belanja, girlpower! hihi

Kita pergi ke Hamzah Batik a.k.a Raminten toko serba ada yang menjual segala macem jenis oleh-oleh. ini toko palingku cinta, kenapa? karena toko ini menjual lulur sekar sari tercinta! aku cintaaa matik sama produk-produk lulur dan masker sekar sari!!♥♥♥♥♥♥♥

Langsung kalap pas liat ada masker, lulus dan jamu tradisional langsung diambil semua!! pas naik kelantai 2 lebih kalap lagi pas melihat banyak rempah-rempah untuk steam wajah dan badan huhuhu mana murah-murah bangeet langsung ngeborong steam wajah & badannya untuk disimpan dirumah.

Baca ini juga : Rempah facial steam "sekar jawi" ala puteri keraton

Sampai dikasir, sama mas-mas kasirnya malah diledekin karena yang aku beli emang cuma lulus, masker, rempah-rempah aja dibilangin titisan keraton, malah disuru mandinya pas malem jumat terus di ceritain cerita mistis tentang mandi kembang gitu jadi malah ngobrol bukan transaksi.

Puas belanja, aku balik ke Hotel untuk checkout dan nitip barang, Hotelnya baik kita diperbolehkan menitip barang-barang kita sembari menunggu jadwal pulang (aku naik kereta sore sekitar jam 5 sorean)

Setelah berberes, dan siap pulang kita nyari makan siang disekitar Malioboro, muter-muter Maliboro lagi, jajan minuman dingin, duduk-duduk dibangku, pokoknya menikmati jalanan maliboro banget yang pas itu lagi teduh sekali.
oia, jangan lupa buat nyobain Lumpia Goreng didekat Hotel Mutiara itu enak bangeeet! tapi waiting list gitu harus ngantri dulu saking banyaknya yang beli.

Baca ini Juga : Malioboro Garden Hotel

Pict taken by mama
Terus karena udah kenyang terus bosen, mau kemana lagi ya? eh kita malah ke Raminten lagi, dan aku beli lagi deh tuh rempah-rempah dan yak diketawain lagi sama mas-mas kasir hihihi

Menjelang ashar kita kembali lagi ke hotel, untuk numpang solat, sama nungguin gudeg yang dipesan sama mamaku.
Akhirnya, jam pulang tiba juga! sedih sekali pas tau harus pulang....
bye bye jogja! I'II be back very soon yha!

bawaan pulangku gak banyak kok :p
Xoxo,

Nadia Amanda.

No comments:

Post a Comment

 photo envye.jpg
envye blogger theme