#JEMMACLASS : Basic Shibori

Tuesday, June 20, 2017

Senang sekali ketika aku bisa ikutan lagi acara Womantalk!
Kali ini Womantalk mengajak 25 peserta wanita terpilih untuk ikutan #JemmaClass : Basic Shibori ! acara ini bekerja sama dengan @wewocraft yang juga sering mengadakan kelas kreatif untuk kita-kita yang ingin belajar.
awww pas tau ada kelas membuat shibori aku langsung semangat untuk ikutan mendaftar. oia acara ini gratis loh seperti biasa, kamu hanya perlu menulis alasan kenapa kamu ingin ikutan kelas ini, makannya hayu rajin-rajin pantengin website, instagramnya Womantalk dan download aplikasinya jugak ya.

#JemmaClass : Basic Shibori diadakan pada tanggal 13 Mei 2017 di club kembang kemang (Alhamdulillah apal jalan, jadi gak nyasar hihi)


Seperti acara Womantalk sebelumnya, acara kali ini seru sekali eh seru banget deng! seneng aja gitu lo, ketemu cewek-cewek yang baik dan punya ketertarikan yang sama.



Excited banget pas Ka Natalie Sewu menjelaskan awal mula kain shibory dan beberapa teknik mencelup untuk membuat motif kain shibori yang cantik-cantik dan jenis-jenis kain yang digunakan untuk membuat shibori.

Ka Natalie menjelaskan bahwa kain yang digunakan untuk melakukan teknik shibori itu adalah kain katun yang prisima / prima / belacu / silk akan tetapi kain yang bagus sekali untuk digunakan untuk teknik shibori adalah kain kapas atau kain nikisima, yang diawali dengan merendam kain tersebut selama 12 jam terlebih dahulu untuk menghilangkan lilin-lilin yang menempel pada kain.

Kemudian mulai deh, kita belajar membuat motif kain shibori di kain katun yang sebelumnya telah direndam terlebih dahulu yang sembari Ka Natalie menjelaskan alat-alat yang digunakan untuk membuat teknik shibori.

Baca Juga postingan mengenaik #JemmaClass basic shibori disini ya  : Keseruan Belajar Teknik Shibori Di Jemma Class Bersama Weekend Workshop



Teknik Shibori yang diajarkan oleh Ka Natalie adalah membuat motif itajime yang menggunakan stick eskrim untuk membuat pola-nya! seru bangeet ketika kita disuru melipat kain dengan lipatan accordion seperti lipatan membuat kupas yang kemudian dilipat menjadi bentuk segitiga dan dijepit menggungan stick eskrim dengan kuat. Melipatnya harus rapi, tetapi karena baru sekali berantakan banget lipatan aku hihi gakpapa ya namanya juga belajar.

Kemudian kain di air bersih sejenak kemudian dicelup di pewarna kain yang disediakan, dikelas #JemmaClass ini kita menggunakan dua warna yaitu Pink dan Ungu! sangaat cantik.
Selama pembelajaran, yang aku penasaran banget itu dengan pewarna Indigo pewarna yang digunakan menggunakan bahan-bahan alami. Mau bangeet belajar itu!

Setelah kain dicelup dengan warna-warna sesuka hati mau celup dibagian mana, karena akan menghasilkan pola yang pastinya berbeda-beda, kemudian kain didiamkan selama 15 menit, kemudian kain dibersihkan dan dijemur!





Proses yang paling aku suka adalah membuka lipatan kain yang terikat dengan stick eskrim dan tadaaaaa terlihat deh motif yang kita buat dan memang benar, hasilnya beda-beda. 
syantik-syantik sekali motifnya.

Kain yang digantung-gantung lucu banget buat difoto haha kita langsung sibuk memfoto hasil buatan kita yang dipajang walaupun luntur haha bandel ya :D setelah puas berfoto ria baru kita jemur dibawah ditatakin koran biar cepat kering dan airnya meresap.
Karena kainya masih basah, seharusnya jangan digantung kaya foto yang dibawah ini ya, malah membuat pewarnanya jadi ikutan luntur...  



ini motif aku!

gak lupa ya selfie dulu!

Setelah kainnya kering, gak lupa kita foto rame-rame dulu bersama teman-teman yang ikutan #Jemma Class : Basic Shibori

 

 



Senang sekali rasanya, bisa ikutan #JemmaClass : Basic Shibori bersama WomanTalk dan teman-teman baru yang baik-baik banget.
Dan gak sabar untuk ikutan #JemmaClass lainnya bersama WomanTalk ! pilih aku lagi yaaa!

Xoxo,

Nadia Amanda.

No comments:

Post a Comment

 photo envye.jpg
envye blogger theme