#WatercolorPainting : Rustic Bouquet Flowers

Friday, January 5, 2018


Like a dream come true!
Dari kecil suka banget main lukis-lukis tapi gak pernah menghasilkan "karya" yang benar-benar bagus, dulu ikutan lomba mewarnai pakai krayon aja gak pernah menang. Eh ga nyangka, ternyata pas udah gede, udah diseriusin suka melukisnya, malah bisa menghasilkan sesuatu (read : bisa dijual/dipajang dikamar).

Yang bikin aku semangat, walaupun awalnya ga bisa karena aku sering baca tweet-tweet dari my Art Guru @Pinot & @ditut (ngefans sama pasangan suami isteri ini) mereka sering sekali menyemangati orang-orang yang takut memulai menggambar, karena takut dibilang jelek. Nih aku kasih ya beberapa kalimat yang di tweet sama @ditut di twitter (Aku modif aja ya biar langsung ke klimaksnya hehe).


"Banyak sekali orang yang ketika ditanya soal menggambar akan langsung mengdeclare gue ga bisa gambar, padahal kalau mau mencoba berdamai dengan pikiran dan hatimu, bebasin rasa takut dinilai orang dan menganggap menggambar itu seperti yoga otak dan hati, pasti mudah! karena menggambar itu dapat mengasah hati untuk melihat lebih dalam potensi dirimu, mengasah rasa dan egomu juga. 

Menggambar gak perlu ada tujuannya untuk di like orang lain, tapi untuk merelaksasikan jiwa dan kepuasan diri snediri, so ga usah dipakein target! in based on pengalaman pribadi, dulu saya kayak gitu, belum apa-apa udah nyerah gak mau gambar ah, gue ga bisa gambar, banyak pasti yang kaya gini, gak mau berdamai dengan kemampuan sendiri, belum apa-apa udah merendahkan diri sendiri, padahal sebenarnya mampu, karena takut dinilai, takut keliatan jelek. Oleh sebab itu saya pikir, siapa lagi yang bisa menghargai kemampuan kita kalo bukan diri kita sendiri?

Jadi semua memang dimulai dari diri sendiri bukan dari penilaian orang lain, lalu latihan latihan dan latihan. Semuanya karena latihan, semua ada prosesnya. Nah proses ini adalah bagian yang paling menyenangkan asalkan dinikmati tanpa ekspektasi apa-apa. Gak ngerti teknis gambar? TABRAK!! soal teknis bisa dipelajari belakangan, semakin sering menggambar dan melihat pun secara gak langsung kita belajar banyak teknik.

Terus mulai dari mana? Mulai dari kertas dan pensil dan apapun alat yang kamu punya, yang kamu nyaman menggunakannya, gak usah ribet musti mahal, cat mahal, brush mahal. Semakin sering latihan, semakin ingin eksplorasi style dan alat itu wajar dan gak salah, sampai akhirnya kita meneukan tools yang nyaman kita gunakan. Saran saya memang mulai dari analog/tradisional dulu, latihan berdamai dengan kesalahan yang gak bisa di UNDO.

Lalu mau gambar apa? buka mata hati dan pikiran, inspirasi beterbangan disekeliling kita, banyak melihat, banyak membaca juga, sekali lagi semakin sering diasah semakin mudah menemukan ide dan obyek yang kita suka. Copy ide dari artist idola? boleh, tapi bukan IMITATE. Dapet ide, kita olah, kita remix bikin mashup ide jadi sebuah karya baru. Gak ada ide original, kalo kata Pablo Picasso Art is theft. Seperti kata William Ralp Inge juga What is originality? Undetected plagiarism.

Jadi mulai dari mana?? Dari sini. Sekarang. Clear your mind, take a deep breath. Ambil pensil/pen/alat gambar lainnya dan kertas. Lihat dunia, it's not perfect but it's beautiful & penuh inspirasi! 
Disclaimer : tulisan ini bukan untuk memaksa semua orang jadi bisa , menggambar, tetapi buat yang niat dan ingin cuma belum memiliki keberanian."




Aku juga gak bisa awalnya, cuma merasa sangat tertarik setiap melihat di Instagram, Youtube, Blog atau media sosial lainnya ketika ada yang melukis, atau menulis lettering. Minder sekali awalnya, apalagi liat ada beberapa teman yang mendalami hobi yang sama dan hasilnya lebih bagus, lalu kayak maksa diri senidri untuk ikutan pamer juga.. niatnya udah buruk aja, ingin pamer dan haus pujian :( dan sekarang aku sudah berdamai dengan diriku sendiri, aku menggambar watercoloring&lettering karena aku suka! karena dengan melakukan itu aku senang! bukan lagi untuk sekedar pamer saja yippiww

Inilah hasilnya, lukisan watercolorku.


Read More : My 2nd bouquet flowers painting

Yuk bikin tahun 2018 ini jadi lebih baik dengan melakukan hal-hal yang bikin diri sendiri senang, bukan hanya untuk sekedar pamer agar terlihat senang dimata orang lain saja, spread much love good people!

Xoxo,

Nadia Amanda. 

No comments:

Post a Comment

 photo envye.jpg
envye blogger theme