Pantai Cantik di Sungailiat, Bangka Belitung

Thursday, September 15, 2016

Hi,
Kali ini aku masih ingin menceritakan tentang liburan singkat aku di kampung sendiri, Pulau Bangka Belitung (pst, kalian bisa baca-baca post aku mengenai Pulau Bangka disini : Menumbing Heritage Hotel, Pangkal PinangPantai Pasir PadiBalinyu, Bangka Belitung ) aku sendiri sejak masih baby sampai sebesar ini gak pernah absen (alhamdulillah) tiap tahunnya pergi ke Pulau Bangka Belitung (ke palembang juga :p) itu jadi salah satu keistimewaan sendiri sih karena punya orang tua yang lahir dan besar disana

Setelah check out dari Hotel Menumbing Heritage, yang sudah aku ceritakan di Post sebelumnya, kami berencana untuk pergi ke Kota Muntok yang berada di Bangka Barat (tempat kelahiran abi ku) kita mampir dulu ke Kota Sungailiat, jarak dari Ibu Kota Provinsi Pangkal Pinang ke Kota Sungailiat hanya memakan waktu selama 30 menit, jalanannya lancar gak pernah macet!

Karena sudah pernah ke Tanjung Pesona dan Pantai Matras, kali ini aku pergi ke Pantai Rebo yang menjadi salah satu destinasi yang katanya Must List dikunjungi kalau kamu pergi ke Pulau Bangka - Sungailiat, ini pertama kalinya aku pergi ke Pantai Rebo.

Sekitar jam 10.30 aku sudah sampai di Pantai Rebo, Pantainya super cantik typical bangka beach sih pasir putih super halus, garis pantai yang panjang, batu batu granit atau marmer segede gaban pasti ada. tapi sayang kotor banyak sampah :( terus karena pagi menjelang siang jadi panas banget hahaha sama sekali ga ada orang di Pantai Rebo ketika aku datang, jadi kaya pantai Private :p
kalau kalian yang suka sunbathing, harus kesini ya! mataharinya super menohok langsung TAN kulit dalam sekejap! yang gak aku suka, banyak penambang Timah ilegal, jadi ada banyak cekungan di pantai dan membuat air lautnya tidak terlalu jernih huhu merusak lingkungan sekali.

Aku cuma sebentar di Pasar Rebo, karena sepi dan panas juga ga ada yang jualan aku pergi deh ke desnitasi berikutnya, yaitu Pantai Tikus... sebenarnya Pantai-Pantai ini satu garis Pantai cuma terpisahkan Batu batu yang besar-besar aja. Pantai Tikus gak kalah cantik, malah super cantik dan lebih terawat dari pada Pantai Rebo, terus pantainya juga sudah dikelola dengan baik oleh Dinas Pariwisata jalananya rapih, bersih.
Instagramable juga loh.

Di Pantai Tikus ada Pagoda atau Vihara Pura Tri Agung, but yaa aku gak suka foto-foto di vihara dan gak berminat juga untuk masuk kedalam Vihara itu. tapi tetep hitss kok buat kalian yang mau foto- foto karena bangunanya unik gitu. Dan kaliaan harus sangat sangat harus menjelajahi pantai tikus yang sepi banget (lagi lagi gak ada pengunjung lain selain aku sekeluarga) batu-batu granitnya cantik BANGET! Pantainya juga lebaar bisa main air atau berenang karena ombaknya gak besar, landai sekali. Karena air lagi surut ketika siang hari, jadi aku bisa lari-larian dan manjat-manjang dibatu hehe kalau air pasang sepertinya pantai dan batu-batunya akan ada yang tertutup air.

pohon sarsaparilla, jaman dulu bgt kan

Hari semakin panas dan sudah mendekati waktu solat jumat untuk ayahku, kita pulang deh pergi kekota Sungailiat mampir dirumah salah satu tanteku untuk istirahat dan menunggu abi aku solat :) terus mampir juga kerumah teman masa kecilnya hehe

Sekitar jam 1 siang cuaca berubah menjadi hujan lebat bangeeet... jadi kita mampir lagi ke Desa Kacung (letaknya di pertengahan antara sungai liat dan kota mentok) untuk mampir ke rumah om ku yang mobilnya lagi kita pakai ini hehe aku dan keluarga akan menghabiskan waktu juga di Desa ini, mau liat kebun sahang (lada) dan kelapa sawit plus nonton pesta kampungnya nanti dihari sabtu & minggu.

Sekitar jam 4 sore kami sudah sampai di Kota Pelabuhan Mentok, dan memutuskan untuk menghabiskan waktu sembari melihat sunset dipinggir pantai Tanjung Kalian, mau naik ke mercusuar tapi udah tutup hiks.
makan-makan otak-otak khas bangka yang super enak! kalaaaah deh otak-otak daerah lain! ini harus di coba ya otak-otak bangka dengan saus tauco lovee bgt, sambil minum es kelapa ijo seger. Malamnya kami menginap dirumah adik kakekku (sudah meninggal sekarang).

Yeay so happy 24 hours in Bangka, bisa ke tiga pantai, tiga kali mampir kerumah orang dan menempuh jarak 136.1 km sehari hoho
yuk kalian mampir juga ke pulau indah ini!