Kota Mentok

Saturday, November 28, 2015

Kota Muntok atau biasa di sebut Mentok.
My homeeee.... kampung halaman tercantik yang aku punya! bersyukurlah jadi anak yang mempunyai orang tua yang merantau, karena kamu pasti memiliki kampung halaman! apalagi kalau kampung halaman kamu memiliki banyak tempat indah untuk destinasi wisata :) syukur alhamdulillah. Dari belum lahir sampai sebesar ini (officially 22nd now!) setiap tahun ga pernah absen mengunjungi kota kecul di pulau cantik Bangka Belitung.

Apalagi sekarang lagi hits banget foto-foto pakai #hastag #explore..... hahaha jadi aku bisa ikutan dengan memasang foto memakai #explorebangka #explorementok yeay!!!
namanya juga anak ABG ;) Kota Mentok itu kota kecil, banyak rumah-rumah jaman dulu dari kayu yang rapih dan berjejer sepanjang jalan, dilengkapi dengan satu pasar kuno yang besaaaaar.... pasarnya ga berubah dari kecil sampai aku besar masih kaya gitu gitu aja! 
Nih aku ceritain yaa apa saja yang harus kamu coba di Kota Mentok :

Ada pasar ikan segar yang benar benar ikannya baru ditangkap, banyak terasi segar yang nyummm! dan sambal khas kota mentok (dan pulau bangka tentunya) Rusip! Rusip itu khas banget loh, harus nyobain ya kalau kalian ke bangka, Rusip itu terbuat dari ikan teri yang diendap pakai garam nanti lama lama berair dan jadilah sambal cocol yang enak banget dimakan bareng ikan goreng plus daun jambu monyet segar.

Wisata kuliner emang enak banget! ada otak-otak terenak sejagat raya, yang dicocol pakai sambal .. apa ya lupa namanya :( ada cumi segar kepiting ikan dan kue untuk sarapan paginya!! harus di coba semua dan itu ada di pasar! plus jangan lupa nongkrong di warung kopinya pas siang-siang ya.

Pantainya ga kalah menarik, ada pantai tanjung kelian dengan Icon Mercusuar Tanjung Kaliannya yang terkenal itu, bangkai kapal yang tandas pada saat perang, pantai tanjung ular yang ombaknya besar bangeet terus ada danau kaolin bekas pertambangan timah (kalau danau ini banyak banget ya dimana mana ada) ada juga gunung menumbing diatasnya ada wisma bekas peninggalan presiden pertama kita pak soekarno pada saat diasingkan, bagusss rumahnya ada mobil R1-nya juga!!!  terus terus ada museum tempat mengenak pak presiden juga gak bayar masuk kesana cuma ya... kasih aja uang rokok buat penjaganya, kamu bakal dikasi cerita yang fantastis tentang dan bagaimana cerita pada saat jaman itu :)





My sweety habiba sayanggg! adik kecil

Hasil "mukat" dipesisir pantai, ikannya enak manis sekali! dan segar, tentunya.
khas kota ini, terlalu banyak bunga kertas. membuatnya semakin cantik!
Di mentok, ga ada kendaraan umum ya, adanya ojek atau ga bis antar kota. pokoknya aku cinta kota ini beserta pemandangannya yang sedikit demi sedikit mulai hilang, timah dan sawit merusak semua :( jadi kangen! kapan lagi ya aku kesini? secepatnya amin!


Xoxo, 


Nadia Amanda.

2 comments:

 photo envye.jpg
envye blogger theme