Back to the past : Stadhuis Van Batavia

Friday, April 7, 2017

Stadhuis Van Batavia, nama ini tidak cukup terkenal atau dikenal khalayak ramai. tapi yang pasti hampir seluruh wisatawan yang datang ke Kota Tua Jakarta/Jakarta Old Town pasti pernah masuk kedalamnya! yap! Stadhuis Van Batavia itu adalah Museum Fatahillah dalam pengucapan bahasa belandanya, cantik bukan? persis sekali dengan arsitektur bangunannya yang selalu mengagumkan! loveable! (kalau sekarang disebutnya Instagramable)


Weekend kemarin aku pergi jalan-jalan (lagi) ke Kota Tua Jakarta, tempat wisata ini menjadi my favorite all the time gak akan pernah bosen kalau diajak ke Museum/old buildings karena aku suka bangeeeet sama architecturenya, yang keindahannya gak pernah terhapus oleh waktu & jaman. Love at the first sight aku sama old colonial building ga pernah luntur, selalu cinta dan suka. kepingin banget punya rumah bekas rumah belanda gitu ughhh Pasti ada juga kan, cewe-cewe yang jatuh cinta sama keindahan sejarah kita? share ceritanya ke aku ya!

Boleh dibilang aku sudah hatam keliling museum yang ada dijakarta, dan ga pernah bosen untuk dateng lagi, jadi siapa bilang museum ngebosenin? di Museum kita bisa belajar, melihat, merasakan, betapa hebatnya orang dulu membangun kehidupan, pemerintahan, perdagangan dan berkat mereka kita bisa jadi bangsa yang maju seperti ini.


Disekitaran komplek jakarta tua, museum favorite aku itu yang pasti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bahari. ketika gedung itu membuat aku jatuh cinta dan pingin banget merasakan kehidupan yang pernah "ada" didalam gedung itu!

Ada juga gedung cantik peninggalan kolonial, yaitu Gedung Arsip. arsitekturnya bergaya colonial cina gitu. Gedung itu sekarang sering digunakan untuk pernikahan, dan ya aku punya mimpi untuk menikah disana juga! (Walaupun jauh dari ciputat :p)

Untuk masuk kedalam Museum Fatahillah kita cukup membayar Rp5000,00 aja. dan kita akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang banyak!Dari lantai atas kita dapat melihat lapangan yang luas, yang penuh dengan pengunjung menikmati keindahan gedung, atau bermain sepeda. sayangnya, terlalu banyak pedangan kaki lima membuat jalan dipinggir museum dan lingkungan sekiat museum menjadi terlihat sumpek dan kotor.

Aku juga sedih, melihat banyak gedung tua yang disewakan untuk menjadi toko seperti Ind*mart, atau restauran masakan padang, mungkin memang diizinkan, tapi rasanya kok aku ga rela ya :D


Jadi ngebayangin... dulu pada masa kolonial pegawai yang bekerja di gedung stadhuis ini menyaksikan orang-orang yang di eksekusi mati di tengah lapangan ini? ngebayanginya seram ya, tapi untungnya kejadian buruk dan mengerikan itu tidak terulang dijaman sekarang, malah lapangan yang mempunyai kisah seram itu menjadi lapangan yang seru dan ramai.

Selain itu didalam museum ini, terdapat banyak benda-benda sejarah yang emang cantik, lihat deh tempat kunci ini, bentuknya heart kok cute sekali ya? mungkin lemari ini dulunya dibuat untuk salah satu anak petinggi belanda hehe boleh buat saya ga?

 

 

 

Psssttt dan banyak banget spot foto instagramable disini hehe gak lupa dong aku foto-foto juga, bagus-bagus sih! asal kalian tidak menyentuh barang-barang apalagi merusak barang peninggalan sejarahnya ya!

Sehabis muter-muter di Museum Fatahillah, aku neduh dulu, mau ngopi-ngopi cantik plus nyemil gitu. nyobain deh ke Cafe Batavia, yang letaknya persis depan-depanan dengan Museum Fatahillah. Suasana cafe-nya cozy banget cocok buat chill bareng temen/sahabat/pacar! aku (karena baru pertama kalinya) pengen banget duduk disampaing jendela yang ada dilantai 2 cafe ini, tapi karena penuh terus jadi terpaksa duduk didekat dekat jendela aja. Harga disini lumayan mahal untuk makanan yang "kaya begini" aja, tapi worth it ko sama apa yang kita dapatkan.

Seperti tempat duduk yang nyaman, tempat makan yang nyaman, pemandangan yang exclusive, terus kopi yang enak plus plus ice cream chocolate-nya super enak aku suka banget!!! agak pait-pait manis gitu kalian wajib coba.


Dan pastinya aku bakalan datang lagi ke cafe ini, mau nongkrong-nongkrong cantik di lantai dasarnya, pesan kopi enaknya, ngobrol-ngobrol sama orang terkasih sambil dengerin live music-nya datengnya sore menjelang malam, pasti romantis dan berkesan tentunya!

Jadi... begitulah cerita weekend aku kali ini. Weekend depan kemana ya?

Xoxo,

Nadia Amanda.

No comments:

Post a Comment

 photo envye.jpg
envye blogger theme